-->
News Update :

Saturday, April 13, 2013

Maju Jadi Imam Gk Ya ??



Asslmlkm wr wb,

di sebelah dekat Kosan saya, ada Pondok Pesantren, yang biasa diimami Kyai nya ketika sholat Berjama'ah, jika tidak begitu, saudara laki - lakinya, atau kadang Santrinya...

Jika Kyai dan yang lain berhalangan, biasanya Santri menunjuk Orang yang biasa jama'ah di situ untuk menjadi Imam, sering yang ditunjuk Orang yang bercelana di atas mata kaki (tebakan saya, mungkin Salafi). Orang ini, mohon maaf, Makhrajnya masih belepotan, huruf 'A (huruf ke-18 Hijaiyah) dan A (huruf pertama) dibaca sama. Itu salah satu contoh...

Saya selalu Mufaroqoh jika orang ini menjadi Imam, saya pernah 'menghalangi' dia menjadi Imam sebanyak 2-3x. Jika saya maju menjadi Imam, rasanya tidak sopan, saya ini pendatang di wilayah itu.
Saya baru maju jika saya ditunjuk...

Mohon sarannya atas permasalahan ini, dan jika saya salah, mohon dibenarkan...
Wasslmlkm wr wb,


Like ·  ·  · March 28 at 8:35pm
  • Ba Gus Rosyid Masalahnya yg bermata kaki eh bercelana di mata kaki itu juga pendatang. So what? Kalau gak berani maju sekarang, terus beraninya kapan? Bukan masalah berani atau gak berani tapi siapa yg bacaannya paling fasih dia berhak jadi Imam.
  • Doni's Zoo Santrinya yang bisanya nunjuk orang yang menjadi Imam mas,

    kalau langsung nyelonong maju, ya bagaimana?
  • Ba Gus Rosyid Santrinya kan juga pendatang, kalau maju ya maju saja. Mereka nunjuk karena ya tahu nya dia yang bisa. Kalau sampeyan gak maju ya mereka mana tahu sampeyan bisa? 

  • Fakhry Himawan Maju don, hajar! 

    March 28 at 8:45pm via mobile · Like · 2
  • Arief S. Widhiharto assalamu'alaikum ... di sampaikan dan di bicarakan baik-baik dek dng takmir masjidnya ... sekaligus dibuat alternatif .... sehingga tidak ada kekosongan untuk Imam ... 
  • Ichsan Nafarin cobalah untuk lebih dekat dengan pak Kyai dan para santrinya agar sampeyan mendapat kepercayaan dari mereka. Kalau memang santri atau siapapun yang memang lebih berhak memilih imam ternyata lebih mempercayai si cingkrang ya memang dia yang lebih berhak menjadi imam meski dia bukan yang paling faqih/fashih. Si faqih/fashih ini yang harus mengalah dengan cara shalat sendiri.
  • Doni's Zoo InsyaAlloh, Suwun mas saran saran e

No comments:

Post a Comment

 

© Copyright IMAN STAN 2010 -2011 | | Published by Borneo Templates .